Judul Inovasi
Fleksibilitas Akses Perkembangan Pendidikan Siswa Oleh Orang Tua Melalui Layanan Digital Sisfo
Nama Sekolah
SMKN 2 PROBOLINGGO - KOTA PROBOLINGGO
Mulai Pelaksanaan
01 Jan 2021
Ringkasan Inovasi
SMK
Negeri 2 Probolinggo memiliki visi dan misi yang salah satunya meningkatkan
kualitas pelayanan pendidikan dan pelatihan. Pelayanan ini tidak hanya
ditujukan kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan saja, tetapi juga ditujukan pada siswa dan wali murid,
pelayanan ini lebih dikenal dengan sebutan pelayanan publik. Thaha (1994 :14) menyatakan bahwa pelayanan
publik merupakan suatu kegiatan yang harus mendahulukan kepentingan umum,
mempermudah urusan publik, mempersingkat waktu pelayanan, dan memberikan kepuasan kepada publik.
Kemajuan
teknologi diharapkan dapat melayani
dengan maksimal agar wali murid
tidak perlu ke sekolah apalagi di
masa pandemi Covid-19 ini. Pemanfaatan
teknologi informasi sangat penting untuk menunjang memaksimalkan pelayanan
publik, yang salah satunya bertujuan untuk mengetahui informasi dan memonitor
perkembangan anaknya di sekolah.
Berdasarkan
hal tersebut, maka SMK Negeri 2 Probolinggo melalui ICT membuat aplikasi SISFO
yang berbasis Web untuk mempermudah
sekolah dan wali murid dalam sistem pelayanan jarak jauh. Aplikasi SISFO juga
berfungsi untuk pelaksanakan
administrasi pelayanan yang
tersetruktur secara efektivitas
clan efisien secara daring.
SISFO
adalah sistem multi informasi yang dirancang oleh ICT SMKN 2 Probolinggo
yang mempunyai fungsi mengumpulkan,
memproses, menyimpan, menganalisis clien mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna untuk
tujuan yang dapat dimanfaatkan oleh semua civitas. Data SISFO saling terkait antar semua unit
kerja sekolah, baik kesiswaan, kurikulum, humas, sarpras dan
program keahlian. SISFO hadir dengan multi layanan dengan harapan semua layanan
sekolah dapat terintegrasi berbasis IT.
Layanan sisfo dapat diakses dengan domain http://sisfo.smkn2-pbl.sch.id
baik melalui internet atau intranet / jaringan internal sekolah.
Saat ini SISFO selalu dikembangkan menyesuaikan dengan sistem
yang dibutuhkan Sekolah.
Latar Belakang
Merupakan
hasil akhir yang ingin
dicapai dengan adanya inovasi
1.
Untuk meningkatkan efisiensi administratif;
2.
Memperbaiki layanan administrati untuk memenuhi kebutuhan wali murid
3.
Memudahkan wali
murid dalam mendapatkan informasi mengenai
§
Nilai
mata pelajaran,
§
Rekap absensi,
§
Pengajuan ijin
ketidakhadiran
§
Raport online
§
Untuk mendapatkan pelayanan tanpa harus datang ke sekolah dengan hanya menggunak:an
media handphone sebagai alat untuk
mendapatk:an informasi akademik.
4.
Adanya komunikasi antara wali murid dan sekolah dalam pengontrolan
kegiatan belajar
Kesesuaian
Inovasi
ini masuk pada kelompok umum dengan kategori pendidikan. Karena memang ruang
lingkup inovasi ini terkait proses kegiatan di sekolah, khususnya belajar
mengajar.
Kontribusi
Sebagai
instansi yang bergerak pada pendidikan, maka sudah tentu pedoman utama adalah mengimplementasikan
undang-undang system pendidikan nasional. Dan hal tersebut bila dikaitkan
dengan capaian nasional SDGs, maka Quality Education merupakan arah dari
inovasi ini
Deskripsi
Inovasi
ini berupa Aplikasi berbasis web, dengan alamat : http://sisfo.smkn2-pbl.sch.id
Didalamnya
ada banyak layanan, diantaranya untuk Guru, Siswa, Orang Tua, Walikelas, dan
admin sekolah.
Karena
berbasis Web, maka Aplikasi ini dapat diakses melalui computer, laptop ataupun gadget
atau smartphone. Orang Tua dapat memantau perkembangan siswanya dari mana saja.
Juga bisa melakukan pengajuan ijin tidak mengikuti pembelajaran luring atau
daring, dan juga melaporkan kondisi terkini dari putra atau putrinya.
Nilai Inovatif
Layanan SISFO memungkinkan melakukan dari rumah masing-masing, tidak
seperti sebelumnya orang tua murid harus datang ke sekolah untuk mendapatkan informasi tentang puta
putrinya
Sumber Daya
Sumber
daya yang terlibat dan dibutuhkan pada Inovasi aplikasi ini adalah dibentuknya
Tim yang terdiri dari tim manajemen sekolah, guru dan pegawai yang menguasai
teknologi informasi, baik itu hardware, software, pemrograman dan jaringan computer.
Dan
juga adanya infratruktur jaringan computer yang terdiri dari server, router dan
computer client yang tersambung dengan internet.
Strategi Inovasi
Inovasi
aplikasi ini telah diterapkan di sekolah, baik itu guru, siswa, walikelas,
orang tua atau yang terlibat pada system. Sehingga didapati
kekurangan-kekurangan yang selalu diperbaiki karena memang system ini dibuat
oleh tim dari sekolah sendiri.
Pelaksanaan Dan Evaluasi
Dalam
setiap kegiatan, SMKN 2 Probolinggo selalu mengadakan evaluasi dari kegiatan
tersebut. Begitu juga dengan inovasi aplikasi ini. Setiap enam bulan sekali
sekolah mengadakan rapat tinjauan manajemen yang merupakan evaluasi dari
kegiatan sekolah, yang diantaranya adalah penerapan aplikasi ini
waktu evaluasi bekala setiap enam bulan sekali,
berupa rapat tinjauan manajemen. indikator yang digunakan adalah keterisian
data, dan partisipasi warga sekolah ataupun orang tua dalam menggunakan
aplikasi ini
Hasil Evaluasi
Hasil evaluasi digunakan dalam perbaikan aplikasi, baik itu berupa
usulan penambahan layanan, ataupun report tentang adanya bug atau kekurangan
yang mesti diperbaiki
Covid-19
ditengah pandemi Covid-19 ini, layanan pengajuan ijin atau perkembangan
siswa secara online, sangat membantu
dalam pencapaian target kegiatan sekolah
Pemangku Inovasi
Tim
manajemen sekolah sangat terbantu dengan adanya system ini karena data bisa disajikan
dengan cepat. Begitu juga dengan cabang dinas atau dinas pendidikan, bila
memerlukan data terkait dengan data sekolah dapat disajikan dengan cepat.
Faktor Penentu
Sistem
ini langsung digunakan dalam proses
kegiatan di sekolah, sehingga ini menjadi factor utama keberhasilannya.