Judul Inovasi
Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Media Lagu (teks Report)
Nama Sekolah
SMAN 4 - KOTA MALANG
Mulai Pelaksanaan
13 May 2020
Ringkasan Inovasi
Pembelajaran Bahasa Inggris diberikan dari TK sampai SMA, pembelajaran
asing ini terkadang menimbulkan masalah bagi murid dalam memahami pembelajaran.
Tak jarang guru memberikan materi dengan media pembelajaran yang beraneka ragam
dengan tujuan agar murid memahami pembelajaran Bahasa Inggris dengan baik, satu
hal yang perlu diingat adalah mengurangi kejenuhan didalam kelas baik luring
maupun daring. Terlebih dimasa pandemi ini, guri mencari cara agar kelas tidak
membosankan dan murid bisa belajar dengan nyaman. Dari latar belakang ini saya
mencoba membuat media yang bisa meningkatkan pemahaman murid-murid dalam
pembelajaran Bahasa Inggris baik secara luring maupun daring. Media yang sudah
saya buat adalah pembelajaran Bahasa Inggris dengan media Lagu, baik luring
maupun daring. Media lagu tersebut untuk memberikan pembelajaran berupa Grammar
dan teks dikelas X, XI dan XII. Hasilnya setelah saya berikan media lagu yang
saya convert dan disesuaikan dengan topik pembelajaran menunjukkan bahwa
antusias murid menjadi tinggi dan tingkat pemahaman mereka terhadap
pembelajaran menjadi meningkat dengan baik. Terbukti dari soal-soal yang
diberikan, murid bisa mengerjakan dengan baik dengan hasil yang memuaskan.
Latar Belakang
- Tujuan
munculnya inovasi ini adalah: untuk meningkatkan pemahaman murid dalam
belajar Bahasa Inggris, membuat suasana kelas menjadi nyaman dengan inovasi
yang ditemukan guru, dan menghilangkan kejenuhan dalam belajar Bahasa
Inggris.
- Gagasan
dari inovasi ini muncul pada saat murid mengalami kendala dalam
mempelajari grammar/tatabahasa. Mereka merasa kesulitan dengan hanya menghapal
rumus dan mengerjakan soal latihan, sehingga gagasan/ide untuk membuat pembelajaran
semakin menarik adalah dengan media Lagu. Lagu yang saya convert kedalam
Bahasa Inggris dan saya nyanyikan serta disesuaikan dengan topik
pembelajaran pada saat itu.
·
Link you tube
pembelajaran grammar Present tense dengan lagu : https://youtu.be/olOUiZuPLZU
·
Link you tube pembelajaran
grammar constructive conjunction dengan lagu : https://youtu.be/mN8sYzWwMOs
·
Link you tube
pembelajaran teks recount dengan lagu : https://youtu.be/B548tszdmiY
- Tujuan
dari inovasi ini adalah saya ingin menunjukkan pembelajaran Bahasa Inggris
dapat dipelajari dengan Mudah, menghilangkan kesan bahwa pelajaran Bahasa
Inggris adalah pelajaran yang menjenuhkan, meningkatkan pemahaman dengan
cara menarik, yaitu sambil bernyanyi dapat pemahaman dari grammar yang
dipelajari.
- Target
inovasi yang saya lakukan adalah murid kelas X, XI dan XII sesuai dengan KD
yang dipelajari dikelas.
Kesesuaian
Permasalahan yang terjadi dikelas Bahasa Inggris yaitu sulitnya/terkendalanya
dalam mempelajari grammar/tata Bahasa, sehingga dicarikan media yang menarik
sebagai cara untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan mengconvert lagu
kedalam Bahasa Inggris dan disesuaikan dengan KD yang tersedia sesuai jenjang
kelas. Topik yang diambil saat itu adalah bagaimana penggunaan Simple Present
Tense didalam teks Report. Grammar/tatabahasa ini digunakan di teks report,
jadi sebelum murid-murid belajar teks report, mereka harus punya pondasi yang
menjadi jembatan untuk mempelajari teks report secara menyeluruh.
Kontribusi
Tujuan inovasi yang saya lakukan ke depan atau berkelanjutannya adalah
saya ingin menshare media yang saya punya ini kepada rekan sejawat, sehingga
mereka bisa menggunakan produk yang saya hasilkan sebagai upaya untuk mengantisipasi
kendala yang terjadi dalam belajar Bahasa Inggris
Deskripsi
Hal hal yang saya lakukan sebagai cara kerja inovasi ini adalah: saya
mempersiapkan lagu yang cocok untuk pembelajaran grammar atau tatabahasa,
setelah saya menemukan lagu yang pas/tepat, saya mulai untuk membuat/merancang
lirik lagu berbahasa Inggris yang saya sesuaikan dengan KD dijenjang kelas. Setelah
rancangan tersebut selesai selanjutnya saya memutarkan lagu
karaoke/instrumentalia dan merekan suara saya dengan perangkat keras/handphone.
Setelah cocok dan pas dengan lagu selanjutnya saya mulai mengatur liriknya
dengan menggunakan media kinemaster, agar murid paham akan lirik lagu tersebut.
Setelah itu mereka bisa menganalisa simple present tense yang ada didalam lagu
tersebut, murid menemukan sendiri berdasarkan pengalaman yang mereka miliki. Lagu
yang saya buat menggunakan lagu daerah, disamping mereka belajar Bahasa
Inggris, mereka juga tidak akan lupa dengan lagu daerah yang ada di Indonesia,
hal ini juga akan mendorong semangat kebangsaan mereka untuk lebih mencintai
dan bangga akan Indonesia yang memiliki keragaman budaya, lagu dan adat
istiadat/
Nilai Inovatif
Sisi kebaruan/keunikan terhadap inovasi yang saya temukan adalah lirik
lagu yang disesuaikan dengan pembelajaran, baik membahas tata Bahasa/grammar
ataupun teks. Dari segi kebaruan adalah memberikan pembelajaran Grammar yang
tidak biasa dengan memberikan lagu yang sudah digubah ke dalam Bahasa inggris
dan disesuaikan dengan Kompetensi dasar. Hal tersebut akan menjadi tantangan
bagi murid mempelajari Bahasa Inggris dengan cara yang tidak biasa, mereka akan
merasa nyaman dan semangat dalam belajar. Inilah sisi keunggulan pembelajaran
Bahasa Inggris dengan menggunakan Lagu. Pemberian lagu dalam pembelajaran Bahasa
Inggris ini akan memberikan kecepatan
menyelesaikan masalah, maksudnya adalah apabila murid merasa nyaman dan senang
dalam belajar dengan menemukan sendiri berdasarkan pengalaman belajarnya maka
selanjutnya mereka akan mudah mengingat pembelajaran yang diberikan dengan
mudah.
Sumber Daya
- Sumber daya yang digunakan untuk menciptakan/membuat
inovasi ini adalah hp android, perangkat computer/laptop, buku tulis,
kamus Bahasa Inggris-Indonesia.
- Langkah-langkah yang dilakukan adalah mempersiapkan
rancangan lirik Bahasa Inggris yang disesuaikan dengan materi yang
ditulis di buku tulis, perancangan tidak bisa serta merta langsung
dibuat, harus disesuaikan dengan lirik yang pas sehingga apabila
terdengar maka nyanyian tersebut bisa padu dan terdengar enak dipendengaran
kita, lalu mengklik youtube di perangkat keras(laptop/computer) di lagu
Karaoke atau Instrumentalia/tanpa suara, jadi hanya instrument nya aja,
lalu selanjutnya merekam suara yang dinyanyikan guru dengan menggunakan
HP android atau sejenisnya, perekaman hendaknya dilakukan di tempat yang
hening agar suara lain tidak bisa masuk. Setelah dirasa pas baik lagu dan
perekaman suara yang dinyanyikan oleh guru, untuk selanjutnya mengupload
di Kinemaster atau aplikasi lain dengan menuliskan teks sesuai dengan
lagu yang dinyanyikan, setelah semuanya selesai maka langkah terakhir
menguploadnya di youtube
Strategi Inovasi
Startegi berkelanjutan
dari inovasi yang saya buat adalah setelah menguploadnya inovasi pembelajaran
di youtube, beberapa like tersemat di video inovasi pembelajaran. Ini terbukti
bahwa beberapa orang menyukainya dan dapat digunakan sebagai penunjang
pembelajaran.
Pelaksanaan Dan Evaluasi
Evaluasi yang dilakukan internal terhadap inovasi pembelajaran ini adalah
pemberian refleksi pembelajaran sebagai evaluasi terhadap inovasi yang saya
buat, hasilnya murid merasa senang dan jauh dari rasa jenuh setelah mereka
mendapatkan pembelajaran dengan media lagu. Refleksi pembelajaran yang
dilakukan ini untuk mengetahui sejauh mana dampak pembelajaran pemberian Lagu
dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Metode
pelaksanaan evaluasi inovasi ini adalah refleksi terhadap hasil inovasi
pembelajaran yang saya buat. Refleksi tersebut dilakukan oleh murid. Apakah mereka
merasa nyaman dalam pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan lagu dan sejauh
mana Lagu dapat meningkatkan pemahaman dalam belajar Bahasa Inggris
Hasil Evaluasi
Hasil
dari evaluasi yang saya lakukan adalah antusiasnya murid, kenyamanan mereka
dalam belajar Bahasa Inggris melalui media Lagu. Hasil akhirnya adalah nilai
pembelajaran Bahasa Inggris yang memuaskan. Sebelum inovasi pembelajaran yang
saya lakukan,tingkat pemahaman mereka terhadap pembelajaran Bahasa Inggris
masih rendah karena beberapa faktor, diantaranya merasa jenuh dengan
pemnbelajaran Bahasa Inggris, kurang nyaman didalam kelas karena tidak ada
variasi pembelajaran. Setelah dilakukan inovasi pembelajaran ini, tangka pemahaman
murid menjadi meningkat dan mereka merasa nyaman dan senang dalam belajar.
Covid-19
Penyesuaian
layanan yang dilakukan guna merespon pandemic Covid-19 adalah dengan cara
pembelajaran daring/non tatap muka yang dilakukan kepada murid-murid. Mengirimkan
materi pembelajaran dalam bentuk file di Microsoft team 365. Disamping materi
pembelajaran, murid juga dapat belajar dengan senang dengan media-media lain,
seperti quizizz, wordwall, educandy dan lain-lain.
Pemangku Inovasi
Pemangku kepentingan yang terlibat dalam inivasi
ini adalah kepala sekolah, beliau selalu mendukung terhadap inovasi yang saya
lakukan, beliau berperan sebagai evaluator terhadap inovasi pembelajaran yang
saya buat/temukan.
Faktor Penentu
Faktor
penentu keberhasilan inovasi yang saya temukan adalah apabila guru secara
konsisten mengupdate pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan lagu. Setiapa
materi baru, guru mencoba untuk membuat lirik yang cocok dan pas untuk pembelajaran
Bahasa Inggris.
Kendala
dalam mendukung inovasi ini adalah, guru mengajar di ketiga jenjang, yaitu X,
XI dan XII. Dalam mengajar dibutuhkan persiapan yang matang, sehingga terkadang
tidak bisa mengembangkan pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan media
lagu, keterbatasan waktu juga menjadi kendala yang utama dalam mengembangkan
inovasi ini, karena waktu mengajar yang padat, mempersiapkan materi, quiz, ulangan
dan mengoreksi/memeriksa hasil tugas menjadi kendala dalam mendukung inovasi
ini.