Judul Inovasi
Upaya Stabilisasi Ekonomi Sekolah Di Masa Pandemi
Nama Sekolah
SMKS BINA BANGSA DAMPIT - KAB. MALANG
Mulai Pelaksanaan
11 Jul 2020
Ringkasan Inovasi
Keterbatasan modal awal, sehingga kita siasati dengan sistem pemesanan terlebih dahulu barang yang dibutuhkan
Minimnya pelatihan dan pengembangan SDM dibidang marketing sehingga kita siasati dengan belajar otodidak dan mengandalkan pemasaran online dan semi-online
Latar Belakang
Kondisi ekonomi di masa pandemic harus segera
dicarikan solusi. Terlebih lulusan SMK yang sangat sulit mendapatkan tempat
kerja. Dengan demikian Usaha Micro Kecil menengah atau UMKM siswa dan alumni
harus didampingi dan dikembangkan. SMK menjadi Pusat pembelajaran dan
pengembangan UMKM. sehingga UMKM binaan sekolah tersebut akan mampu bersaing
dan bertahan di masa pandemic dan tentunya dengan hal tersebut ekonomi
masyarakat akan tetap stabil.
Kesesuaian
Adanya investasu dari pemerintah atau swasra sebagai tambahan modal sehingga perkembangan BUMS semakin pesat dan semakin bermanfaat
Adanya pelatihan, workshop atau pendampingan dari [ihak yang berwenang tentang marketing dan manajemen bisnis
Kontribusi
Inovasi SMK sebagai Pusat pengembangan dan
pembelajaran UMKM bertujuan untuk mendampingi pengembangan UMKM khusunya milik
siswa dan alumni SMK Bina Bangsa Dampit. Hal demikian dijalankan sebagai upaya
mencari solusi kurangnya angka keterserapan tamatan pada DUDIKA.
Agar
pertumbuhan ekonomi wilayah tetap di jalur yang positif, maka UMKM milik SIswa
dan alumni harus bertahan dan berkembang di kondisi yang tidak menentu ini. Pendampingan,
pelatihan marketing dan manajerial menjadi sesuaitu yang sangat dibutuhkan.
Sehingga jika hal ini kita jalankan maka UMKM akan berkembangan dan pertumbuhan
ekonomi menjadi lebih baik.
Deskripsi
SMK sebagai
pusat pembelajaran dan pengembangan UMKM. Dengan demikian SMK harus memiliki
tim khusus yang mendampingi UMKM. Tim dibentuk untuk mampu memberikan pelatihan
dibidang marketing, inovasi produk, pembukuan dan manajerial. Dengan demikian UMKM
binaan dibentuk semacam paguyuban yang bias bertemu dalam sebulan sekali atau
dengan kunjungan TIM pengembang.
Sehingga UMKM akan termonitor dan terkontrol.
Nilai Inovatif
Menjadikan
SMK sebagai pusat pengembangan dan pembelajaran UMKM merupakan pilihan yang
tepat. Dengan hal tersebut, kegiatan SMK dapat ditambah dengan pemberian pelatihan dan pendampingan
UMKM binaan.
Sumber Daya
Kontribusi
terhadap SDGS,
Pertumbuhan
ekonomi yang stabil disuatu wilayah akan berdampak baik ke pertumbuhan ekonomi
nasional. Jika SMK bnyak yang mendampingi UMKM bukan tidak mungkin pertumbuhan
ekonomi wilayah dan nasional akan ikut tumbuh.
Strategi Inovasi
Suply pisang siap makan ke unit katering PT Pindad
Bank Mini Artha Bisa Syariah untuk pendanaan properti
Bank Syariah Indonesia sebagai back up pendanaan properti
Bengkel Automobile Dampit sebagai mentor mekanik untuk bengkel komersial sekolah
Pelaksanaan Dan Evaluasi
Hasil Evaluasi
Covid-19
Pemangku Inovasi
SMK sebagai pusat pembelajaran dan pengembangan UMKM. Dengan demikian SMK harus memiliki tim khusus yang mendampingi UMKM. Tim dibentuk untuk mampu memberikan pelatihan dibidang marketing, inovasi produk, pembukuan dan manajerial. Dengan demikian UMKM binaan dibentuk semacam paguyuban yang bias bertemu dalam sebulan sekali atau dengan kunjungan TIM pengembang. Sehingga UMKM akan termonitor dan terkontrol.
Bank Syariah Indonesia sebagai back up pendanaan properti
Bengkel Automobile Dampit sebagai mentor mekanik untuk bengkel komersial sekolah
Faktor Penentu
Keterbatasan modal awal, sehingga kita siasati dengan sistem pemesanan terlebih dahulu barang yang dibutuhkan
Minimnya pelatihan dan pengembangan SDM dibidang marketing sehingga kita siasati dengan belajar otodidak dan mengandalkan pemasaran online dan semi-online