Judul Inovasi
Peningkatan Kompetensi Lulusan Prodi Tata Busana Melalui Membangun Jejaring Alumni
Nama Sekolah
SMKN 2 NGANJUK - KAB. NGANJUK
Mulai Pelaksanaan
01 Jul 2020
Ringkasan Inovasi
dalam
pelaksanaanya sudah dilakukan pada tahun 2020, pada saat mengundang para
Alumni, Berkunjung langsung, di gunakan sebagai Tempat PKL, dan rekrutmen kerja
setiap ada lulusan yang dianggap kompeten.
Latar Belakang
1. Potensi yang dimiliki Guru, Siswa Jurusan Tata Busana dan khususnya Para Alumni SMK Negeri 2 Nganjuk jurusan Tata Busana baik berupa sumber daya manusia maupun fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk memproduksi Barang / Produk maupun jasa yang dapat berkembang diranah yang lebih luas. Para Alumni Tata busana yang sudah berwirausaha bisa Mengembangkan Potensi-Potensi yang ada dan mengekplore sehingga usaha – usaha dari permintaan konsumen yang ingin menjahitkan bajunya dengan model yang diinginkan dan kenyamanan untuk dipakaipun masih tetap terbuka lebar, maka dari itu kamipun menelusuri para alumni-alumni yang sudah berwirausaha dalam ranah rintisan bahkan yang sudah berkembang guna untuk saling bermitra dan bersilaturrahmi dengan tujuan bertukar informasi tentang ilmu menjahit dan menjalankan bisnis dengan system symbiosis mutualisme
Para Alumni yang baru merintis usaha maupun yang sudah mempunyai usahaÂ
Kesesuaian
kesesuaianya adalah inginnya ada nilai dampak
positif dari inovasi ini sesuai tujuan dari inovasi ini
Kontribusi
Deskripsi
Kami bekerja secara Team dan tentunya
Komunikasi dan koordinasi antara, Kepala sekolah, Team dan Para alumni tetap
terjaga dengan baik sehingga permaslahan-permasalahn yang ada lebih terbuka
sehingga bisa dipecahkan secara Bersama-sama
Nilai Inovatif
3 |
Sumber Daya
Strategi Inovasi
Adanya Kerjasama antara sekolah dan para
alumnii walupun masih terbatas tetapi ada alumni yang sudah mempunyai usaha
besar di tempati sebagai tempat praktik kerja lapangan maupun rekrutmen kerja
Pelaksanaan Dan Evaluasi
Evaluasi yang digunakan hanya rapat internal membahas data-data yang terkumpul dan membandingakan data-data dan melengkapi apa yang akan dilakukan
Hasil Evaluasi
Covid-19
Pemasaran dimasa
pandemic ini melalui, wa, Fb, medsos dll
Pemangku Inovasi
Sementara masih internal dalam kegiatan
inovasi ini, sehingga perlu adanya dukungan dari pihak-pihak terkait terutama
dalam bidang Pendidikan sesuai kompetensi dan bisa dikembangkan lagi
Faktor Penentu
Keberhasilan dari
suatu Tindakan kunci utama adalah Fokus pada hal yang dilakukan sehingga perlu
adanya tenaga / team khusu yang lebih kompeten dibidangnya dan yang tidak kalah
penting lagi adalah obyeknya yaitu para alumni dan pihak-pihak terkait
mendukung kegiatan inovasi ini
Kendala / Permasalahan :
1.
Adanya
Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan sehingga berkunjung atau ingin
bersilaturrahmi Kepada Alumni terbatas
2.
Adanya
PPKM akibat dampak Covid -19 sehingga Tatap Muka ingin langsung ketempat
produksi juga terbatas
3.
Terkadang
kurangnya antusias beberapa pihak yang belum berkenan akan inovasi ini.
Usulan / Saran :
Inovasi yang kami
laksanakan, kami berharap adanya dukungan yang penuh terjadwal dan sitematis
sehingga menjadi motivasi dan rangsangan untuk memperluas pelaksanaan ke
alumni-alumni Kompetensi yang lainya